Beberapa Istilah OOP (Konsep Dasar OOP)

on
Dalam Memahami konsep OOP ada beberapa istilah yang harus diketahui, di antaranya adalah :
  • Encapsulation (Pengkapsulan)
Encapsulation adalah penggabungan data dan metode ke dalam satu kesatuan yang disebut kelas. Pada konsep pengkapsulan juga terkandung konsep lain, yaitu penyembunyian informasi. Sebagai contoh, kelas mobil mempunyai metode menyalakan mesin. Sebagai pengendara mobil, Anda tidak perlu tahu bagaimana kerja metode menyalakan mesin. Lebih jauh lagi, Anda juga tidak tahu data apa saja yang terlibat pada metode menyalakan mesin. Yang Anda tahu adalah memutar kunci dan mesin menyala.
  • Inheritence (Pewarisan) 
Konsep Inheritence memungkinkan Anda membuat kelas baru yang memiliki data dan metode dari kelas lain, tetapi juga memiliki data dan metode sendiri.
Sebagai contoh, kelas binatang bisa diturunkan menjadi kelas mamalia. Kelas mamalia memiliki beberapa data dari kelas binatang, misalnya alat pernafasan, alat pencernaan, dsb. Kelas mamalia juga memiliki beberapa metode dari kelas binatang, misalnya makan, tidur, dsb. Meskipun demikian, kelas mamalia juga memiliki data dan metode sendiri yang tidak dimiliki keals binatang lain, misalnya mamalia memiliki metode menyusui.
Pada pemrograman berorientasi objek, binatang sering disebut kelas dasar (base class) atau kelas induk (parent class) sedangkan mamalia disebut kelas turunan (derived class) atau kelas anak (child class). Pada artikel ini, saya menggunakan istilah kelas dasar dan kelas induk (serta kelas anak dan kelas turunan) secara bergantian.
  • Polymorphism (Polimorfisme)
Bila diterjemahkan secara harfiah, polimorfisme berarti banyak bentuk. Pada pemrograman berorientasi objek, polimorfisme dapat dijelaskan sebagai berikut: dua kelas yang diturunkan dari satu kelas mempunyai metode yang sama tetapi implementasinya berbeda.
Sebagai contoh, kelas kerbau mempunyai metode berjalan, kelas kera juga mempunyai metode berjalan. Tetapi bila Anda perhatikan, cara berjalan kerbau tentu tidak sama dengan kera (karena kerbau mempunyai empat kaki sedangkan kera hanya mempunyai dua kaki).
  • Interface
Interface adalah sebuah kelas yang metodenyan tidak diimplementsikan atau didefinisikan. Interface biasanya berguna untuk membatasi adanya multiple inheritence atau prose inherit ganda.

0 komentar:

Posting Komentar