Istilah Pemrograman

on
Bagian ini akan sedikit menjelaskan istilah- istilah yang sering digunakan dalam pemrograman.
  • Bit dan Byte
Komputer pada dasarnya hanya berurusan dengan angka. Sekalipun kita dapat menggunakan pengolah angka, huruf, kata, bahkan gambar dan animasi, tetapi sebenarnya semua itu hanya perwujudan dari kombinasi angka-angka yang dikenal oleh komputer. Bahkan jika ditilik lebih jauh, komputer malahan tidak mengerti angka 0 sampai dengan angka 9 seperti sistem desimal yang kita gunakan sehari-hari, tetapi komputer, hanya mengenal angka 0 dan 1 (atau dalam pengertian lain adalah on dan off).

Kombinasi angka 0 dan 1 tersebut dikenal dengan sistem biner (binery). Setiap huruf, angka, kata, gambar, animasi, bunyi-bunyian yang dihasilkan oleh komputer selalu dapat direpresentasikan sebagai kombinasi dari angka 0 dan 1 tersebut. Setiap digit dari sitem biner akan disebut dengan binary digit atau bit.
Seringkali bit tersebut dapat membentuk suatu grup untuk menyimpan informasi tertentu. Grup-grup dijelaskan berikut ini.
    1. Byte, Sebuah grup yang terdiri dari 8 bit. Satu byte dapat menyimpan hingga 256 macam informasi (ingat, 2 pangkat 8 sama dengan 256), misalnya angka 0 hingga 255 atau 256 huruf dan simbol yang berbeda-beda. Byte terkadang juga disebut dengan oktet, terutama untuk sistem koneksi seperti protokol internet.
    2. Word, sebuah grup yang terdiri dari beberapa byte. Pada pemrograman Win32, word biasanya diwujudkan sebagai 2 byte atau 16 bit. Grup dari 4 byte atau 32 bit disebut double-word.

      • Representasi
      Karena komputer hanya mengenal angka 0 dan 1, maka segalanya merupakan kumpulan yang sangat besar dari kombinasi angka 0 dan 1 tersebut. Manusia tentunya tidak akan mengerti bila disodori kumpulan 0 dan 1 tersebut. Karena itu komputer harus mempresentasikan (mewujudkan) angka-angka tersebut dalam bentuk yang dikenal manusia. Hal ini telah kita singgung sedikit tadi. Misalnya sebuah byte akan diwujudkan dalam bentuk 0 hingga 255, tetapi mungkin bisa juga -127 hingga 128.

      • Memori
      Memori komputer adalah kumpulan dari byte yang sangat besar, yang dapat diwujudkan sebagai angka, huruf, kata, dan lain-lain yang pada saat itu digunakan.
      Ketika Anda mengetik surat dengan menggunakan perangkat pengolah kata, komputer akan memanggil file program pengolah kata ke dalam memori, termasuk huruf-huruf yang Anda ketikkan. Jika pekerjaan selesai Anda dapat menyimpan dokumen Anda dan keluar dari program pengolah kata tersebut. Program pengolah kata ini akan dibuang dari memori, termasuk huruf-huruf yang Anda ketikkan tadi. Tetapi karena telah disimpan, dokumen akan berada pada sebuah file di disk atau media penyimpan lain.
      Memori dikatakan merupakan kumpulan dari byte karena seluruh byte tersebut ditata dan diberi nomor dari 0 hingga angka yang sangat besar tergantung dari kapasitas memori. Misalnya memori Anda berukuran 128 MB, maka byte tersebut akan disusun dengan angka 0 hingga 134.217.727. Nomor dari setiap byte disebur address byte.

      • File
      File adalah kumpulan data yang disimpan dalam satu nama pada sebuah disk atau media penyimpan permanen lain. Komputer harus memanggil file ke dalam memori sebelum dapat bekerja denga file tersebut.
      • Program
      Program adalah daftar instruksi langkah demi langkah yang memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu. Komputer sebenarnya adalah sesuatu yang sangat bodoh, jadi dia membutuhkan instruksi yang sangat jelas, detail, serta diberikan langkah demi langkah untuk dapat mengerjakan sesuatu.
      Definisi yang sedikit lebih rumit dari program adalah kata, ekspresi, pernyataan, atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.

      • Pemrograman
      Secara mudah dapat disebutkan bahwa pemrograman adalah proses pembuatan program. Proses pembuatan program dilakukan dengan sesuatu yang disebut bahasa pemrograman. 


      • Programmer
      Programmer adalah orang yang (perkerjaannya) membuat suatu program. Kata perkerjaan diberi tanda kurung karena terkadang ada orang-orang tertentu yang membuat program sebagai hobi saja dan tidak mengandalkannya untuk mencari nafkah.


      • Bahasa Pemrograman
      Seperti layaknya manusia yang berkomunikasi denga berbagai bahasa, pemrograman juga membutuhkan bahasa tertentu  yang dapat dimengerti baik oleh komputer maupun manusia. Dengan bahasa pemrograman manusia membuat instruksi-instruksi tertentu yang kemudian dijalankan oleh komputer.
      Secara umum, bahasa pemrograman terbagi menjadi empat kategori yaitu;
      1. Bahasa Pemrograman Level Rendah (Low Level Language). Bahasa pemrograman level rendah lebih diorientasikan untuk dapat dimengerti oleh komputer, Programmer yang menangani bahasa ini harus menyesuaikan diri dengan pola "berpikir" komputer, sehingga bahasa yang termasuk kategori ini relatif sulit untuk dipelajari, apalagi oleh para pemula. Contoh bahasa pemrograman yang termasuk kategori ini adalah Assembly.
      2. Bahasa Pemrograman Level Menengah (Middle Level Language). Bahasa pemrograman level menengah memiliki aturan-aturan tertentu yang mirip dengan bahasa yang digunakan sehari-hari, namun juga memiliki instruksi-instruksi yang mudah ditanggapi oleh komputer. Bahasa ini sudah relatif lebih mudah dipelajari, misalnya bahasa C.
      3. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (Hight Level Language). Bahasa pemrograman level tinggi memiliki aturan-aturan gramatikal dan ekspresi yang sudah sangat mirip dengan bahasa manusia sehingga relatif mudah dipelajari termasuk oleh para pemula sekalian. Namun karena mudah dipahami oleh manusia, bahasa pemrograman ini jadi lebih "sulit" dipahami oleh komputer, oleh karena itu biasanya waktu yang diperlukan untuk mengeksekusi bahasa ini lebih lama dibandingkan dengan dua level bahasa yang sebelumnya. Bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya adalah BASIC, Pascal, Fortran, dan Cobol.
      4. Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek (Objeck Oriented Language). Bahasa pemrograman berorientasi objek memiliki berbagai macam objek yang di dalamnya telah berisi dengan tindakan tertentu, Anda tinggal menginstruksikan kepada objek-objek tersebut. Bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya adalah Visual Basic.NET, Delphi, Java, dan C++.
       
      • Interpreter
      Interpreter adalah perangkat yang menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bentuk yang dimengerti oleh komputer. Interpreter akan menerjemahkan bahasa pemrograman ini secara urut (sequence) dan langkah demi langkah. Jika pada saat proses penerjemahan ditemukan kesalahan, maka interpreter akan menampilkan pesan kesalahan dan proses eksekusi program akan dihentikan.


      • Kompiler
      Pada dasarnya kompiler (compiler) juga merupakan penerjemah, namun dengan cara kerja yang sedikit berbeda (To Interpret berarti menerjemahkan, sedangkan to compile berarti mengumpulkan atau menyusun) .
      Kerja dari kompiler adalah menerjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul dan menggabung-gabungkannya(linking) dengan modul-modul lain yang dibutuhkan hingga dihasilkan suatu program yang dapat dijalankan. Bila pada saat penerjemahan dan penggabungan terdapat kesalahan, proses eksekusi akan berhenti dan kompiler akan menampilkan pesan kesalahan.


      0 komentar:

      Posting Komentar