Jika anda punya Kijang Innova, yuk pelajari sendiri perbaikannya

on
Assalamu 'alaikum.....

Coba sekarang anda bayangkan seandainya jika mobil anda mngalami masalah, dan harus dibawa ke bengkel resmi, mana jauh dan pastinya mahal. ada baiknya panjenengan semua cermati tulisan saya dibawah ini, ee....sapa tau bermanfa'at, lha wong namanya juga konco nan lewat FB.....

Begini, ini pengalaman saya lho ya, yg kebetulan saya juga jadi sopir nya juragan....he he he

Saat mengemudikan kendaraan jangan lupa untuk senantiasa juga melakukan kontrol terhadap bagian indikator di dashboard, untuk memastikan tidak ada instrumen yang menyala. Pemakai dan pemilik kendaraan pada umumnya jarang ada yang peduli (mbuh ngerti mbuh gak), dan memahami ada berapa jumlah lampu indikator yang terintegrasi di lokasi meter kombinasi. Pada umumnya lampu pengingat itu terdiri dari beberapa units dan sangat tergantung dari Merk dan Type mobil yang dimiliki. Untuk mobil Toyota Kijang Innova pada umumnya sebagai berikut: 10 lampu berkelompok di bagian bawah takometer (penunjuk putaran mesin di sebelah kiri) dan 4 lampu (terpencar) di sisi kanan bersama dengan penunjuk bahan bakar dan temperatur mesin.


"Namun dari semua itu, ada tiga (lampu) yang harus diawasi betul (rodo' mentheleng yo gak opo2). Yakni, lampu peringatan oli, sistem pengisian, dan cek mesin, bila didiamkan tanda2 ke tidak beresan ini maka kadang2 mobil tidak jalan alias ngadat.
Berikut jenis lampu Indikator yang terdapat pada Toyota Kijang Innova:

1. Lampu peringatan sistem rem tangan/handrem:
Ketika kunci kontak di posisi "ON" dan posisi rem tangan difungsikan (tuas ditarik), lampu akan menyala. Kecuali, saat mesin mau dihidupkan dan rem tangan sudah diturunkan. Kala kunci kontak di "ON" lampu akan menyala beberapa detik. Ketika mesin sudah menyala dan tuas rem dilepas, ternyata lampu tidak mati, atau, saat berjalan, mendadak lampu menyala. Ini menandakan (untuk mesin bensin), jumlah minyak rem berkurang (rendah) dan sangat berbahaya jika mobil dipaksakan jalan. Jika di mobil diesel, kevakuman rendah. Cepat bawa ke bengkel resmi Toyota.

2. Lampu peringatan sabuk pengaman (seatbelt) :
Lampu menyala jika pengemudi tidak menyematkan sabuk. Ketika kunci kontak diputar ke "ON", lampu berkedip dan terus berkedip. Baru berhenti jika sabuk sudah dikenakan. (untung mobil jepang, nek mobil eropa kadang2 mesinnya gak mau di start)

3. Lampu peringatan sistem pengisian (gambar aki) :
Lampu menyala ketika kunci kontak diputar ke posisi "ON" dan mati ketika mesin sudah hidup. Jika ternyata, lampu itu masih terus menyala, berarti ada masalah dalam sistem pengisian saat mesin bekerja. Segera matikan mesin dan periksalah mungkin muncul malafungsi seperti putusnya drive belt mesin. Bisa cepetan beli V-belt lalu pasang sendiri atau dipasangkan bengkel atau jika ingn yg falid ya Segera hubungi bengkel resmi Toyota.

4. Lampu peringatan tekanan oli menyala :
Saat berkendara, lampu berkedip atau tetap menyala, cari tempat yang aman, segera menepi dan cari tempat yang aman. Lampu mungkin sekali-sekali berkedip ketika mesin idling atau mungkin menyala sebentar setelah berhenti lama. Tidak ada penyebab jika kemudian padam saat mesin diakselerasi sedikit. Lampu menyala jika permukaan oli terlalu rendah dan jangan memaksakan mobil tetap jalan. Sekalipun jaraknya beberapa kilometer saja, memaksakan mobil tetap jalan bisa-bisa menyebabkan kerusakan mesin yang sangat parah. "Ternyata diperiksa jumlah oli masih cukup, berarti bisa pompa oli lemah atau switch rusak. Bisa juga lubang-lubangnya mampet.

5. Lampu indikator malafungsi (gambar mesin), juga disebut dengan MIL atau Malfuction Incadicator Lamp :
Nyala lampu menandakan ada masalah dalam sistem kelistrikan. lampu menyala karena ada gangguan pada sistem sensor, kabel-kabel, socket2 & konector (biasa lah penyakit innova, utamanya bagian TPS & kontrol katup gas/throtle) atau dari ECU. "Kalau gangguannya di bagian tersebut, masih ada back-up, tapi bagian lain menjadi terabaikan, dan dianjurkan untuk segera dibawa ke bengkel. Jika lampu menyala dan putaran mesin tidak naik saat pedal gas ditekan, kemungkinan ada masalah di sistem kontrol throttle elektronik (mesin bensin) atau sistem kontrol mesin elektronik (mesin diesel). Akan terasa ada getaran dan boleh dibawa jalan (tapi menunju bengkel krn programnya mesin yg berkerja saat itu adalah FAILSAFE) dengan kecepatan rendah santai saja. Sistem tidak bisa dipulihkan jika mesin dimatikan (kunci kontak diputar ke posisi "ACC" atau "LOCK")

Cara mengatasinya, cabut dan pasang lagi konektor2 nya, pastikan terpasang sempurna, lalu cabut sekering "INJECTION" atau pull aki bagian negatif juga bisa. tunggu selama 15 s/d 20 detik, lalu pasang kembali sekering atau pull akinya, (satu masalah sdh teratasi)

Untuk mesin bensin, jangan sampai salah dalam pengoperasian pedal. Adapun mesin diesel, jika menyala, jangan melaju dengan kecepatan tinggi. Ini ada ketidaknormalan tinggi pada tekanan pendorong dalam turbocharger.

PERINGATAN: JANGAN SEKALI-SEKALI BERMAIN-MAIN DENGAN PEDAL GAS ATAU DI KOCOK-KOCOK SAAT MESIN MASIH DALAM KONDISI DINGIN ATAU KUNCI KONTAK "ON". TINGGALKAN KEBIASAAN LAMA, KEBIASAAN MENGOPERASIKAN MOBIL BERKARBURATOR SUDAH GAK JAMANNYA!!!, mobil sampeyan itu sdh cangih, gak usah di gas klo pengen nyala'in mobil.

6. Lampu peringatan bensin
Lampu ini menyala saat persediaan di tangki mendekati kosong. Bisa menyala lebih awal saat di tanjakan atau turunan lantaran terjadi pergerakan bahan bakar.

7. Lampu peringatan ABS
Kondisi normal, saat kunci kontak di "ON", lampu anti-lock brake system menyala dan padam setelah beberapa detik. Sebaliknya, ketika lampu peringatan menyala, ABS tidak bekerja sehingga roda-roda bisa mengunci pada saat pengereman mendadak atau mengerem di permukaan jalan yang licin. Tetapi sistem rem masih bekerja secara biasa. Segera hubungi bengkel Toyota terdekat.

8. Lampu peringatan pintu
Lampu ini tetap menyala sampai semua pintu ditutup dengan sempurna. Atau, ada yang ditutup kurang kencang.

9. Lampu peringatan SRS (hanya pada beberapa model)
Lampu akan menyala saat kunci kontak di "ON" dan sekitar 6 detik kemudian padam. Ini menandakan sistem airbag bekerja sempurna. Sistem lampu peringatan memonitor rakitan sensor airbag (termasuk airbag depan), inflator, persambungan kabel, dan sumber tenaga.
Jika terjadi kesalahan pada fungsi suatu bagian yang dimonitor, lampu peringatan akan menyala. Jika kunci sudah dikontak dan lampu tidak menyala atau terus menyala setelah 6 detik, atau saat berkendara, lampu mendadak menyala, segera hubungi bengkel resmi Toyota.

10. Lampu peringatan sistem bahan bakar (diesel)
Lampunya ada dua metode;Jika berkedip, itu memperingatkan jumlah air yang terkumpul dalam saringan dalam saringan bahan bakar telah sampai pada tingkat yang ditentukan. Kuras air secepatnya. Jika lampu menyala, itu menandakan ada problem dengan sistem bahan bakar.

11. Lampu peringatan penggantian timing belt (mesin diesel)
Lampu ini menyala jika jumlah jarak tempuh sudah mencapai 150.000 km atau 90.000 mil dan harus segera diganti. Bila terus dipaksa jalan bisa membuat timing belt putus dan mesin rusak.
Bila Anda mengalami kedua hal itu, sebaiknya kendaraan jangan dijalankan, terutama dengan air terkumpul akan merusak pompa bahan bakar.

12. Buzzer / alarm pengingat lampu
Buzzer akan bunyi jika switch lampu besar masih posisi di "ON" ketika pintu pengemudi dibuka dan kunci kontak telah dilepas.

13. Buzzer pengingat kunci
Bekerja sebagai pengingat untuk melepas kunci ketika membuka pintu pengemudi dengan switch mesin di posisi "ACC" atau "LOCK"

Begitulah kiranya, sekedar share aja antar teman tentang kijang innova. Mudah-mudahan tidak bingung dan dapat menambah sedikit ilmu tentang kendaraan jaman sekarang.

walaikum salam

47 komentar:

initial blogger mengatakan...

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia , Toyota Innova Toyota Rush , kijang innova and toyota avanza adalah Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

candra_wibawa mengatakan...

apakah boleh dalam keadaan mesin hidup salah satu terminal aki di lepas,,,????
apakah ada pengaruh di sistem elektroniknya???

thanks...

kiki mengatakan...

ginni,mobil ne hbs tbrakan,meledak airbag nya,trus diperbaiki ganti semua nya kecuali modul ma sensornya,,lampu nnya sinyal airbag nya nyala,gmna tuh

Unknown mengatakan...

innova saya teriak terus alrmnya, remot tidak berfungsi pd hal bateraynnya baru, ga bisa di starter

Ridwan ( Si R ) mengatakan...

Fungsi lampu indicator apa gan

Unknown mengatakan...

Tanya innova E2.5 bisa pasang elm 375 buat monitor ?

Unknown mengatakan...

Treadnya tidak sesuai dengan judul. Dan tidak berguna, semua orang tau arti sensor di mobil dan semua orang juga tau, kalo ada kerusakan dibawa kebengkel.

Unknown mengatakan...

Treadnya tidak sesuai dengan judul. Dan tidak berguna, semua orang tau arti sensor di mobil dan semua orang juga tau, kalo ada kerusakan dibawa kebengkel.

Unknown mengatakan...

Treadnya tidak sesuai dengan judul. Dan tidak berguna, semua orang tau arti sensor di mobil dan semua orang juga tau, kalo ada kerusakan dibawa kebengkel.

Unknown mengatakan...

ribet bener http://www.satriapermata.com

Unknown mengatakan...

kak minta soluainya ya, saat saya mau rem tangan dimobil tibatiba tombolnya tidak bisa dipijat, kira kira apa masalahnya dan bisa diperbaiki sendiri tidak. makasih

Muh Yi mengatakan...

Klo lampu pada speedometer mati sehingga tidak bisa melihat kecepatan dan putaran mesin pada malam hari, solusinya gmn?

Muh Yi mengatakan...

Klo lampu pada speedometer mati sehingga tidak bisa melihat kecepatan dan putaran mesin pada malam hari, solusinya gmn?

Unknown mengatakan...

switch lampu mundur mobil Innova mohon info dimana yang jual?

Unknown mengatakan...

switch lampu mundur mobil Innova mohon info dimana yang jual?

Unknown mengatakan...

Switch lampu mundur bnyk di toko spareparts toyota, tp klo mw mantap ya bawa ke Auto2000

Unknown mengatakan...

lampu rem ama lampu mundur sebelah kanan mati tapi bohlam belum putus apa penyebabnya gan.. mohon infonya

Unknown mengatakan...

lampu indikator sabuk pengaman gak mau nyala penyebanya apa gan??

Unknown mengatakan...

Mungkin kabel sensor yg di sabuk pengaman bawah kursi sebelah kiri supir lepas,ataw bisa juga lampu yg di spidometernya yg rusak

Unknown mengatakan...

Misi Om .
Saya mau nanya nama alat yang letaknya di dekat filter bensin mirip dengan pompa solar di Mobil innova bensin .
Apa nama alat nya itu ya om.
Trimakasih

Unknown mengatakan...

Misi Om .
Saya mau nanya nama alat yang letaknya di dekat filter bensin mirip dengan pompa solar di Mobil innova bensin .
Apa nama alat nya itu ya om.
Trimakasih

Unknown mengatakan...

misi om.. Innova tahun 2005 ane udh ane cek sana sini tetep aja gak mau di gas trus lampu cek mesin juga nyala itu apa kendalanya​ om.. makasih

Unknown mengatakan...

Mohon maaf pak saya mau tanya. Mobil sy kijang inova tahun 2007.penyakitnya dalam keadaan hidup tiba-tiba hilang setrum/mati total dalam keadaan posisi kontak on lalu tidak lama hidup lagi itu penyebabnya dr apa ya pak.sedangkan aki sudah sy ganti suka seperti itu.mohon bantuan infonya ya pak.trimakasih

Anton.s.s mengatakan...

INNOVA SAYA 2005 PADA SAAT KUNCI PADA POSISI ON LAMPU INDIKATOR MUNDUR MENYALA DAN TIDAK DAPAT START MESIN. APA MASALAH YG SAYA HADAPI.

Anton.s.s mengatakan...

INNOVA SAYA 2005 PADA SAAT KUNCI PADA POSISI ON LAMPU INDIKATOR MUNDUR MENYALA DAN TIDAK DAPAT START MESIN. APA MASALAH YG SAYA HADAPI.

Unknown mengatakan...

Lampu indikator inova tv e20 ko gak mau mati ya padahal pintu rapat semua dicoba tombol satu2 bagus aja tlg solusi nya gan

Unknown mengatakan...

Lampu indikator inova tv e20 ko gak mau mati ya padahal pintu rapat semua dicoba tombol satu2 bagus aja tlg solusi nya gan

Syahran Harahap mengatakan...

Mobil saya innova diesel, ketika kunci kontak di on kan lampu indikator semua nyala tetapi ketika mesin dihidupkan lampu indikator mati kecuali indikator oli yg berjarak sekirar 30 detik baru mati, oli kondisi cukup, mohon penjelasannnya om....

Unknown mengatakan...

Mf,,,bos saya mau nanya,sy punya kijang inovasi tahun 2009 lampu rem,lampu atiek dan RPM meter gas tidak berfungsi ,kira kira permasalahannya dimana boss ?

Unknown mengatakan...

Mf,,,bos saya mau nanya,sy punya kijang inovasi tahun 2009 lampu rem,lampu atiek dan RPM meter gas tidak berfungsi ,kira kira permasalahannya dimana boss ?

Unknown mengatakan...

Mf bos!sy punya kijang inova tahun 2009 RPM gas pada spedometer tidak berfunsi ditambah lagi lampu atrek sama lampu remx tidak mau nyala,permasalahannya dimana ya bos ? Mohon infonya tq

Ndak coblos mengatakan...

Halo pak.
mau tanya
Saya punya innova diesel yg bermasalah.
Innova saya terkadang di bawa jalan, tiba2 muncul indikator engine dan gasnya langsung loss, tetapi mesin masih hidup, kemudian dimatikan mesin, normal lagi, beberapa saat kemudian muncul lagi seperti td, akhirnya seorang montir toyota menyarankan untuk kalibrasi injector, katanya injector bermasalah. Apakah benar begitu? Trima kasih sebelumnya pak.

Unknown mengatakan...

mas inova v 2005 saya kalay d kontak spidometer saya tidak menyala kalau suhu cuaca 36derajat baru lampu spido menyala apa sebabya ya

Unknown mengatakan...

Mobil saya innova metec,inkator pintu nyala terus ,pegal pintu udah di tutup,akibat aki tekor..tolong solusinya gan matur nuhun

Unknown mengatakan...

Mao tanya bos kalow lampu sepido mati total tp yg lain normal cuma gambar odo meter ga nyala sama alarem kunci ga bunyi pada mobil inova bensin

savira ramadhani mengatakan...

mas inova v 2004 saya kalau d kontak spidometer saya tidak menyala kalau suhu cuaca 36derajat baru lampu spido menyala apa sebabya ya

savira ramadhani mengatakan...

mas inova v 2004 saya kalau d kontak spidometer saya tidak menyala kalau suhu cuaca 36derajat baru lampu spido menyala apa sebabya ya

savira ramadhani mengatakan...

Mohon jawabannya mas

Unknown mengatakan...

Innova 2005 bensin saya baru aja salah jemper batre, terus habis itu tidak bisa digas, ( tapi sdh di bagusin) sekarang tinggal wiper mati sen mati hazzard hidup, Windows mati dan ac mati, kode dtc menunjukkan 5-1, mohon petujuknya siapa yg tau??

indenk. mengatakan...

innova v 2004 kalau starter lampu speedometernya nyala setelah beberapa menit, kadang 5 menit, 10 menit bagkan pernah 30 menit baru nyala.
hal ini selelu berulang setiap starter jika sdh off/parkir sekitar 30 menit ke atas.
mohon share solusinya mungkin pernah ada yg ngalami..
tks

indenk. mengatakan...

kalau lampu speedo dah nyala.. tdk akan mati kecuali ada jeda off/parkir sekitar 30 menit.. semua perkabelan/ fuse sdh dicek.
tks sobat..

Unknown mengatakan...

Nyimak... Sama persis kerusakannya dgn punya saya innova 2005 tipe v

Unknown mengatakan...

Nyimak sama persis permasalahannya

indenk. mengatakan...

sama kasusnya dgn saya sampai skrg masih seperti itu..
kalau mobil pas parkir tempat panas.. di kontak on langsung ok

Unknown mengatakan...

Gan pintu belakang ko jadi pindah pungsinya ke depan..pas pintu depan di layar indikatornya tetep terbuka..jadi mobil ga bisa dinkunci..mohon penjelasannya gan

Unknown mengatakan...

Pa saya mau tanya masang aki terbalik waktu Jember aki nya terus mblnya hidup tapi pedal gas nya tidak berpungsi posisi gas tinggi gimana cara atasinya

Unknown mengatakan...

bagaimana jika lampu indikator pengisian accu menyala hanya pada kecepatan tinggi saja......jika kecepetapan di bawah 70 km /jam indikator accu tidak menyala

Posting Komentar